Wednesday, August 30, 2017

10 CARA MENGATASI TOILET MAMPET


   http://brownplumbingmiami.com/miramar/clogged-toilets/

Toilet yang hanya bisa digunakan tanpa ada kesadaran untuk memperhatikan pemakaiannya, penggunaan yang sembarangan, kebiasaan membuang sembarangan ke dalam toilet, bisa berakibat buruk di dalam saluran toilet. Yang pasti dirugikan, ya penghuninya juga. Keadaan tersebut akan menyebabkan toilet mampet.

Bisa dibayangkan bagaimana repotnya jika sudah terjadi penyumbatan di saluran toilet. Kotoran yang tidak mau tenggelam di lubang toilet. Bau yang menyebar akibat dari sumbatan yang terjadi. Kamupun juga enggan untuk buang hajat di sana. Tentu kemampetan ini akan akan sangat merisaukan.

Selain kurangnya kesadaran diri dalam menjaga kebersihan toilet, kemampetan juga bisa berasal dari septic tank yang sudah penuh. Dalam hal toilet tersumbat, kamu bisa meminta bantuan jasa sedot wc untuk mengatasi masalah wc yang mampet. Akan lebih praktis buat kamu yang sibuk atau tidak ingin mengatasinya sendiri.

Namun bagi kamu yang ingin mencoba membersihkannya tanpa bantuan jasa service, ada 10 cara yang dapat kamu lakukan untuk membantu membersihkan toiletmu yang mampet karena tersumbat.


  • Soda api

Untuk membersihkan toilet yang tersumbat akibat dari kotoran yang bersifat organik, kamu bisa menggunakan Natrium Hidroksida atau yang biasa kita kenal dengan soda api. Soda api yang terkena air akan menghasilkan gelembung-gelembung yang akan menghancurkan kotoran yang menyumbat.


  • Alat penyedot toilet

Jika terjadi kemampetan toilet, biasanya alat ini menjadi yang pertama untuk digunakan. Pilihlah alat penyedot yang memiliki karet yang tebal, agar saat penyedotan di lubang wc bisa tersedot dengan sempurna.

http://www.whywait.com.au/gold-coast-plumbing-services/blocked-toilets/



  • Gunakan enzim

Produk yang mengandung enzim juga bagus untuk membantu mengatasi kemampetan pada toilet. Caranya juga mudah, hanya menuangkan produk enzim ini ke dalam lubang toilet sesuai dengan aturan pakainya.


  • Soda kue dan larutan cuka

Tuangkan soda kue dan cuka ke dalam mangkok toilet dan diamkan semalaman. Ke esokan paginya, kamu bisa melakukan tes apakah air toilet masih menggenang dan menyebabkan kemampetan dengan cara menyiramnya. Jika masalah masih tetap timbul, mungkin ada benda keras yang menyumbat di dalamnalya.


  • Plumbing snake

Plumbing snake adalah kawat panjang berbahan lentur yang biasa digunakan untuk membantu mengatasi kemampetan toilet. Kawat ini akan mengikuti lekukan-lekukan yang ada di saluran toilet dan sangat membantu mengatasi toilet tersumbat akibat dari benda yang keras.


  • Alat penyedot debu

Sebelum menggunakan alat penyedot debu ini, kamu harus menguras hingga kering air yang berada di lubang toilet. Setelah kering, masukan selang penyedot debu dan mulailah melakukan penyedotan. Cara ini juga sangat membantu menghilangkan sumbatan akibat dari benda keras.


  • Gunakan cairan sabun

Tuangkan cairan sabun ke dalam toilet, diamkan sekitar 1 jam agar cairan dapat mengurai lemak-lemak kotoran akibat dari penyumbatan. Kemudian siram berkali-kali hingga dirasa kotoran akan larut di saluran toilet


  • Gunakan pemutih pakaian

Siram cairan pemutih pakaian ke mangkok toilet, tambahkan juga sabun. Diamkan sekitar satu jam kemudian siram dengan air dan biarkan kotoran yang menyumbat larut bersamanya.


  • Gunakan kawat hanger

Buat lekukan seperti ujung pengait dan masukan ke dalam lubang toilet. Dorong perlahan hingga kawat terbentur benda yang menjadi penyebab mampetnya toilet. Putar ujung kawat hingga menyebabkan kawat yang berada di saluran toilet menyangkut dengan benda itu. Tarik dan segera keluarkan kawat beserta benda yang menyebabkan toilet tersumbat.


  • Pembersih kimiawi

Gunakan cairan pembersih saluran kimiawi yang bisa kamu dapatkan dari toko-toko kimiawi terdekat. Karena sifatnya yang keras, sebaiknya berhati-hatilah dalam menggunakannya. Karena bisa merusak saluran yang ada di dalam toilet kamu.

Demikian, beberapa cara yang bisa digunakan agar kamu bisa mengatasi sendiri toilet kamu yang mampet. Namun perlu diingat, selain pemberantasan masalah, kesadaran yang tinggi untuk merawat dan membersihkan toilet lebih penting untuk mencegah permasalahan ini timbul. 

No comments: